Perkembangan Artificial Intelligence Pada Motor Self Riding

Ditulis Oleh :  Fuja Nurmala Sari, Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang.

Pernahkah anda membayangkan sepeda motor mampu berjalan sendiri dengan seimbang tanpa pengendara? Namun hal itu hanya bisa kita lihat pada film-film Hollywood saja, akan tetapi hal itu nampaknya bukan sekedar di film saja ternyata di Eropa sudah ada motor dengan kemampuan kecerdasan buatan robotik sehingga memungkinkan motor tersebut dapat berjalan dengan seimbang tanpa pengendara dan tak perlu  lagi menjaga keseimbangan motor  terutama pada kecepatan rendah dan pada saat kondisi berhenti. Perusahaan otomotif yaitu BMW pertama kalinya menciptakan BMW Motorrad  R1200GS dengan teknologi driver assist, sehingga motor bisa berjalan sendiri tanpa pengendara Motor dengan pengemudi otomatis ini menggunakan pengenalan gambar dan pembelajaran mendalam untuk membangun keterampilan otomatis dalam mengemudikan kendaraan sambil tetap  berada di jalur tertentu  dan menghindari penghalang yang tidak terduga seperti pejalan kaki.

Motor ini mampu menyeimbangkan ketika berjalan dan posisi seimbang saat mengerem dan berbelok,  kemampuan motor ini sangat dibutuhkan untuk keamanan berkendara.  Meskipun perusahaan BMW  tidak menitikberatkan motor ini menjadi motor otonom akan tetapi perusahaan BMW menciptakan motor ini bertujuan untuk meningkatkan kontrol dinamis pada motor sehingga motor dapat menunjukkan jalan terbaik dan lebih aman kepada pengendara serta memungkinkan pengendara tidak terlalu keluarkan tenaga saat berkendara jarak jauh.

Selain perusahaan BMW ternyata perusahaan otomotif asal Jepang juga telah menciptakan motor yang bisa berjalan sendiri yaitu perusahaan Honda dengan motor yang diberi nama Honda Riding Assist yang memungkinkan motor ini bisa berjalan mengikuti pemiliknya. Motor Honda riding assist ini memungkinkan tetap seimbang saat berkendara dalam kecepatan yang rendah, teknologi Honda assist ini merupakan pengembangan dari teknologi UJi Coba  bagaimana sistem kerjanya menggunakan robotik, teknologi ini mampu membantu pengendara saat melakukan perjalanan jarak jauh sehingga tidak Perlu mengeluarkan banyak tenaga. Motor ini pun sangat cocok untuk membantu penyandang disabilitas dalam keterbatasan menyeimbangkan sepeda motornya. Kelebihan lainnya pada motor ini ketika kita berada di lampu merah tidak perlu menurunkan kedua kaki untuk menyeimbangkan motor ini. Untuk bahan bakar pada motor ini menggunakan baterai  pada soket yang berada di samping kiri. Teknologi dibalik sepeda motor ini diasah dalam pengembangan robot Honda humanoid  Asimo Robot dan UNI-CUB Scooter.

Selain perusahaan Honda perusahaan Jepang lainnya tidak mau kalah yaitu perusahaan Yamaha yang juga menciptakan motor yang lampu berjalan sendiri yang diberi nama Motoroid teknologi yang diterapkan pada motor  ini beberapa fitur diantaranya self-balancing actuation, electric drivetrain, dan haptic feedback systems. Untuk menyeimbangkan motor ini digunakan teknologi pada ban belakang Active Mass Center Control System (AMCES), sehingga memungkinkan motor ini tetap seimbang ketika berjalan berbeda dengan motor pabrikan Honda yang menitikberatkan pada ban depan untuk keseimbangan motor. 

Dari ketiga perusahaan otomotif di atas nampaknya penggunaan AI pada sepeda motor sudah sangat canggih  dimasa depan sangat memungkinkan kita hanya cukup duduk diatas motor lalu motor berjalan Sendiri dengan tetap seimbang tanpa takut jatuh, ya sampainya itu bukan hal yang mustahil terjadi di masa depan dengan kecerdasan buatan sangat memungkinkan motor mampu menyeimbangkan dirinya sendiri dan tetap seimbang ketika kecepatan rendah sekalipun bahkan mampu berjalan mengikuti  pemilik kendaraan tersebut  dengan kecerdasan buatan sangat memungkinkan kendaraan ini mampu menunjukkan jalan yang aman dan terbaik bagi pengendara sehingga keamanan pengendara bisa terjamin. Tentunya sangat membantu pengendara  agar tidak terlalu mengeluarkan tenaga saat perjalanan jarak jauh. Kemajuan teknologi AI pada motor sangat dibutuhkan dimana faktor keamanan berkendara merupakan hal yang terpenting sehingga dapat menimalisir kecelakaan lalu lintas. 

Selain kecanggihannya ketiga perusahaan otomotif tersebut juga mempunyai Desain khusus yang  menarik dan nyaman digunakan untuk sehari-hari, yang tentunya membuat para pengendara motor tertarik ingin memiliki  sepeda motor tersebut. Selain desain nya yang nyaman motor ini juga sangat memanjakan pengendara nya bukan? Karena tanpa harus mengendalikan motor pengendara hanya tinggal duduk saja motor ini akan tetap seimbang di kecepatan rendah sekalipun.

Perkembangan AI saat ini membuat kita bisa melihat apa yang akan terjadi dimasa depan. Namun dengan perkembangan ini teknologi yang mendasari harus berfungsi sebagai platform untuk pengembangan sistem dan fungsi masa depan untuk membuat sepeda motor  lebih aman dan nyaman. Selain itu dapat meningkatkan kenikmatan berkendara secara signifikan. Hambatan teknologi pada motor otomatis ini  memungkinkan Artifical Intelligence masih belum dapat berfungsi dengan baik di lingkungan dalam kota yang kacau balau. Dampak dari meluasnya penggunaan motor otomatis ini memungkinkan hilangnya pekerjaan termasuk mengemudi di industri transportasi jalan raya dan layanan angkutan umum. Perubahan teknologi yang dapat menyebabkan hilangnya pekerjaan dan memungkinkan terjadinya peningkatan pengangguran tentunya menjadi kontroversi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *