GAME PLAYING

Ditulis oleh : Ari Prasetya (Mahasiswa Teknik Informatika, Universitas Pamulang)

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian pesat, hal tersebut dapat dirasakan di sekitar kita secara langsung maupun tidak langsung. Perkembangan tersebut tengah berdampak pada segala aspek kehidupan. Salah satu jenis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah perkembangan pada dunia game. Game merupakan salah satu inovasi teknologi yang sangat diminati oleh kalangan orang banyak yang pada umumnya untuk kesenangan semata dan mengisi waktu luang, namun dengan kemajuan teknologi saat ini berbagai macam game telah berkembang tidak hanya untuk tujuan hiburan, namun dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Game edukasi adalah salah satu contoh dari media pembelajaran melalui game. Game edukasi menerapkan sistem pembelajaran langsung dengan pola learning by doing.

Proses pembelajaran yang dilakukan dapat melalui tantangan dan pertanyaan edukatif yang ada dalam permainan game. Dalam penyajiannya, game edukasi dapat menerapkan jenis game RPG (Role Playing Game) yang akan membimbing pemain secara aktif menggali informasi untuk memperkaya pengetahuan saat bermain. Game juga dapat mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan di kehidupan nyata nya, begitu besar dampak yang dihasil kan oleh game yang setiap hari nya kita maeinkan perlu nya pantauan orang tua agar dapat membatasi setiap anak dalam bermain game karna semakin lama anak dalam bermain game semakin besar juga pengaruh yang dihasilkan game tersebut kepada kehidupan anak itu sendiri, perlunya bimbiingan dan pantauan orang tua.

Inilah agar mencegah dari hal hal yang tidak diinginkan seperti beberapa contoh anak yang kecanduan dalam bermain game sehingga mengakibatkan kurang nya minat belajar anak, dari sini kita harus mempersiapkan bagaimana caranya agar tidak terjadi pada buah hati kita mendatang dalam setiap perkembangan teknologi memang ada dampak yang signifikan berguna pada kehidupan sehari hari ada juga dampak buruk yang dihasilkan jika kita salah dalam mengunakan kemajuan teknologi tersebut khusus nya dalam perkembangan dunia game tersebut perkembangan dunia game tidak lepas dari perkembangan teknologi yang ada juga dan juga antusias dari para pengemar game tersebut jadi hubungan antara perkembangan teknologi di tunjang dengan kemampuan penguna game dalam membuat sebuat game itu turut juga membantu game memjadi maju seperti sekarang ini kita pun harus bijak dalam memperhatikan perkembangan game ini karna pasti ada hal baik maupun buruk dari suatu perkembangan teknologi ini tersebut bijak lah dalam penggunaan nya dan berhati hati lah dalam pengunaan nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *