Perbandingan Penggunaan Zoom Metting dan Whatsapp Terhadap hasil belajar siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh NINIK YUNIARTI – Tidak Terasa sudah selama setahun lebih wabah Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia khususnya Indonesia saat ini, Dimana sistem pendidikan dihadapkan dengan situasi berat  yang menuntut para pengajar untuk dapat menguasai media pembelajaran jarak jauh. Selain itu pelajar serta orang tua juga di haruskan untuk menguasai media pembelajaran jarak jauh ini. Sistem pendidikan jarak jauh menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran secara langsung dengan adanya aturan social distancing mengingat permasalahan waktu, lokasi, jarak dan biaya yang menjadi kendala besar saat ini.

Pada saat ini terjadi perubahan sistem dimana pekerjaan di lakukan dari rumah atau yang di sebut Work From Home (WFH) . Upaya dalam peningkatan pendidikan Indonesia sangat di butuhkan strategi pemerataan kesempatan dan akses pendidikan . Dengan menggunakan media pembelajaran ini menjadi salah satu solusi dalam menghadapi situasi Pandemi Covid-19. Dalam hal ini peran guru dalam mengembangkan dan menguasai media pembelajaran di butuhkan untuk mencapai tujuan dari pendidikan .

Perubahan sistem Pembelajaran yang sangat berbeda dari sebelum adanya Covid-19 ini sedikit meresahkan pelajar dan bagi para orang tua yang  mendampingi anaknya dalam belajar selama pembelajaran jarak jauh ini dengan berbagai sistem pembelajaran. Di karnakan sebagian orang tua kurangnya pengetahuan tentang Teknologi .

Pembelajaran jarak jauh ini di lakukan secara terpisah atau tidak secara  face to face antara Guru dan Murid untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini dan Terjangkitnya dari Virus ini, lalu Pembelajaran Sekolah interaksi antara Guru dan murid di lakukan secara langsung atau tidak langsung melalui aplikasi seperti melakukan chatting whatsapp melewati koneksi internet (langsung) atau di kirim melalui Classroom untuk mengumpulkan tugas saja (Tidak Langsung).

Sebelum adanya Covid-19 ini Sistem pembelajaran di Sekolah masih bertatap muka dimana  Gurulah yang di anggap orang yang serba tahu dan di beri tugas memberikan ilmu untuk siswanya. Akan tetapi berbeda selama Pandemi ini Siswalah utamanya. Siswa di haruskan mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugasnya yang telah di berikan guru dan di beri kebatasan waktu untuk menyelesikannya.

Pembelajaran jarak jauh yang di gunakan oleh siswa SD setelah saya survey yaitu dengan menggunakan Whatsapp Group dan Pembelajaran Secara Tatap Muka melalui Webminar Zoom Met.

  1. Pembelajaran Virtual melalui Whatsapp Group

Whatsapp yaitu aplikasi untuk mengirim Tugas/pembelajaran  yang di gunakan dalam media PJJ atau yang di sebut Pembelajaran Jarak Jauh , Yang di mana Siswa di satukan dalam satu group sesuai kelasnya yang di arahkan oleh Wali Kelasnya masing-masing kemudian Pembelajaran selama berlangsung di laksanakan melalui pesan Tulisan atau bisa juga dengan Suara dan Gambar untuk mempermudah pembelajaran, selain itu juga bisa dengan mengirim vidio.

Aplikasi ini juga sangat memudahkan Orang tua dalam mendampingi anaknya selama pembelajaran berlangsung dan aplikasi ini juga di kenal Hemat Kouta . Rata-rata semua orang memakai aplikasi ini karena aplikasi ini mudah di dapat, banyak berbagai fitur terdapat di aplikasi ini yang memenuhi kebutuhan komunikasi sehari-hari dan aplikasi ini juga banyak yang menggunakannya dan sudah Familiar kira- kira pencapaian penggunaan aplikasi WA yaitu  1 miliar tiap bulannya.

Fitur-fitur yang terdapat di Whatsapp ini berbagai macam yaitu New Group , New Broadcast, Whatsapp Web, Starred Message and Setting, Vidio Call WA, dll.

WA Group di gunakan sebagai media pembelajaran  untuk berdiskusi segala hal yang berhubungan  dengan Pembelajaran yang di berikan oleh Guru dan mengirim sesuatu yang penting misalkan Absen kelas atau masalah Bantuan-bantuan yang di berikan kepada Sekolah.

Selain mudahnya Pembelajaran melalui Whatsapp tetapi banyaknya juga keluhan Orang tua dan Siswa yang mengeluhkan tentang banyaknya tugas yang di berikan oleh Guru. Dan terjadi kasus Pidana ketika banyaknya tugas yang di berikan Guru kepada Siswanya dimana Orang Tua dan murid merasa terbebani.

  • Pembelajaran Virtual melalui Webminar Zoom

Zoom meet di gunakan untuk media pembelajaran secara tatap muka antara guru dan muridnya, Aplikasi ini mempunyai banyak fitur seperti File sharing format PDF .

Cara mengikuti diskusi ini secara tatap muka via Zoom , yaitu dengan cara mendownload di playstore anda dan menekan tautan link Forum yang di berikan oleh Guru,  Selain sangat mudah di gunakan aplikasi ini juga menghemat biaya waktu perjalanan dan membantu mencegah penyebaran covid-19 .

Tetapi aplikasi ini juga memiliki keluhan yang di keluhkan para Orang tua dalam mendampingi anaknya belajar yaitu borosnya kouta, Karena Pandemi ini banyak orang tua yang terkena dampak Covid dan di hentikan bekerja.

Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini banyak yang menanggapi bahwa ini tidak lebih baik dari pada Pembelajaran Langsung , banyak keluhan tentang kurangnya pemahaman anak terhadap pelajaran yang di berikan oleh Guru terutama pelajaran Matematika yang berhitung tidak bisa secara online terutama  pada anak usia SD masih harus terus  di bimbing dalam belajar oleh Guru.

Sampai saat ini menurut saya Whatsapp dan Zoom Met kedua nya bagus tetapi masing-masing aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing .

Pembelajaran secara daring masi terus berlanjut selama Pandemi belum berakhir, kita hanya berharap dan berdoa kepada sang Tuhan agar Covid-19 ini selesai dan Aktifikas pembelajaran kembali secara normal seperti dulu.

Di tulis oleh  : Ninik Yuniarti, Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *