PENTINGNYA MENGGUNAKAN LOGIKA DALAM MEMBERIKAN INFORMASI

oleh MUHAMAD IRHAM AZIKRI – Dalam kehidupan sehari – hari kita tidak luput mendapatkan informasi baik itu informasi yag didapat dari keluarga, teman, orang lain, media sosial, Koran dan juga media elektronik. Informasi yang di dapat pun beragam ada yang berisi gosip bahkan informasi mengenai berita dunia pun tidak luput kita dapatkan. Namun informasi yang didapatkan kadang ada yang berguna dan tidak berguna bahkan malah menimbulkan suatu bahan gunjingan dan informasi kebohongan. Terkadang informasi yang berisi kebohongan membuat penerima dan pembuat informasi terkungkung dalam sebuah kebodohan informasi yang salah.

Pada zaman sekarang sangat penting sekali untuk menggunakan logika dalam berkomunikasi dan memberikan informasi agar informasi yang di peroleh ataupun didapatkan berguna dan tidak menimbulkan suatu penafsiran yang salah. Sehingga ini menjadi patokan manfaat atau tidaknya suatu informasi  yang ada.

Terkadang kita melakukan penafsiran mengenai informasi yang belum tentu keabsahan dari informasi tersebut sehingga apa yang kita tafsirkan akan menimbulkan suatu kebohongan atau yang dinamakan hoax. Dengan pesatnya teknologi terutama teknologi informasi pada media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp dan media social lainnya para pemberi informasi yang bohong (hoax) akan dengan mudah menyebarluaskannya, sehingga peran kita sangat penting disini untuk menggunakan logika informasi agar informasi yang kita peroleh bukan informasi yang hoax.

Banyak orang yang belum tahu logika informasi ini ternyata terhubung dengan matematika, logika dalam matematika ini sangat penting sekali demi tercapainya suatu kemajuan terutama dalam bidang informatika seperti pemrograman, system computer dan masih banyak lagi. Dengan logika, hardware dan software pun tercipta. Sehingga dapat dikatakan bahwa logika ini sangat penting sekali dan menjadi dasar dalam kemajuan di bidang teknologi.

Mengapa logika sangat penting dalam informasi ?….. karena dengan dengan kita menggunakan logika dalam informasi kita dapat menafsirkan suatu topic atau pembahasan secara benar, akurat, kritis, dan rasional. Dan apabila informasi tersebut kita sebarluaskan ke khalayak luas tidak akan menimbulkan suatu kebohongan.

Lalu apa kegunaan terpenting menggunakan logika dalam informasi ?

  • Kita dapat berfikir secara rasional, tepat, serta berfikir sesuai fakta yang ada.
  • Informasi yang dibuat menjadi valid.
  • Meningkatkan kecerdasan individu karena informasi yang di peroleh selalu kebenaran bukan kebohongan.
  • Mempertajam penalaran mengenai informasi yang beredar dikalangan luas sehingga informasi yang di dapat merupakan sebuah fakta bukan hoax.
  • Menghindari manusia agar tidak berfikir takhayul ataupun kesesatan karena dengan menggunakan logika kita dapat berfikir secara benar dan bukan kekeliruan ataupun kesesatan.

Lalu apa yang menjadi masalah utama manusia tidak menggunakan logikanya dalam memilah dan memilih informasi yang faktual?

  • Karena selalu mengambil dan menyerap informasi dengan ego ataupun emosi.

Sebagai contoh : dalam sebuah berita gosip, diberitakan bahwa artis A telah melakukan suatu kejahatan fisik terhadap artis B. bagi penerima informasi yang menggunakan ego dan emosinya dia akan menghujat dan mencemooh bahkan di media social pun dia memberikan suatu ungkapan kebencian, bahkan sebelum artis A membuat klarifikasi mengenai kebenarannya.

  • Malas berfikir dan mengulik informasi yang ada.
  • Merasa informasi tersebut tidak penting bagi dirinya.
  • Mudah percaya akan informasi yang didapat.

Di tulis oleh : MUHAMAD IRHAM AZIKRI, Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *