Pengaruh Teknologi Terhadap ekonomi

Oleh Reynaldi Eka Saputra – Teknologi sangat berpengaruh secara signifikan pada ekonomi sekarang ini. Sangat membantu dalam Membuat pekerjaan menjadi efektif, mudah dan efisien. Dampak dari teknologi sangat bermanfaat sekali pada ekonomi seperti mempermudah pekerjaan dan mendapatkan hasil yang meningkat. Secara langsung akan berpengaruh pada pembangunan ekonomi.

Teknologi ini dapat menjadi faktor menentukan perekonomian. Nilai bisnis yang meningkat tajam teknologi telah menjadi sumber daya bagi ekonomi. Dapat dilihat dari dampak penggunaan teknologi sehingga diterapakan cara yang lebih efektif dan efisien dalam distribusi, produksi dan konsumsi jasa atau bareng. Dengan pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, tidak heran orang-orang menganggap teknologi bukanlah sesuatu yang dikenali baru baru ini dalam kehidupan walapun beberapa sebagian penduduk kurang begitu paham dengan kemajuan sebuah teknologi. Dengan bermacam-macam perkembangan sebuah teknologi maka makin banyak juga perubahan di segala bidang, beberapa contoh bidang yg berubah (perkantoran, pengetahuan ilmu, komunikasi, pertanian, industri dll). Banyak negara maju yang mengembangkan sebuah teknologi agar ada peningkatan dari hasil dan dari peningkatan hasil output bisa meningkatkan ekonomi negara tersebut dan itu bisa saja meningkat menerus dan mencapai hasil maksimal seperti yang diinginkan. Semua juga karna adanya tenaga kerja, modal yang menyuport untuk kemajuan dari teknologi itu. Teknologi adalah gabungan antara 2 buah masukan dan akan membuahkan sebuah output berkualias. Dengan ini juga teknologi diterima sebuah sumber pertumbuhan ekonomi. Perkembangan pada teknologi sangat bergantung pada ilmu pengetahuan dan pendidikan serta berapa besar perhatian pada pengembangan dan penelitian yang berpengaruh terhadap teknologi itu sendiri.

Asal sebutan dari teknologi adalah dari yunani yang berarti techne ialah keahlian sedangkan logia ialah pengetahuan. Pada pengertian yang kecil teknologi yang dipakai untuk kemudahan manusia mengacu pada objek benda seperti perangkat keras, perkakas, mesin. Dipengertian yang lebih lebar lagi teknologi diartikan dengan sebuah teknik, organisasi atau arti sistem. Seiringan pada berjalannya perkembangan dari teknologi dan perkebangan pada zaman,  pengertiannya dari teknologi jadi lebih meluas sehingga konsep teknologi sekarang ini berkaitan pada jenis pengetahuan pada ilmu dan penggunaan pada alat dan bisa berpengaruh kepada suatu kemampuan pada manusia untuk mengubah ubah dan memegang kendali sesuatu pada sekitar. Dengan demikian tujuan teknologi sederhananya memperudahkan dalam melengkapi kebutuhan manusia.

Asal penamaan dari Teknologi ini adalah dari latin taxereyang yang diartikan dengan membangun, menyusun. Hingga sekarang seharusnya teknologi tidak berbatas kepada penggunaan sebuah mesin, walau di dalam arti yg cukup sempit itu sering dipakai didalam kehidupan keseharian. Didalam pengertian yg lebih lebar teknologi bisa jadi meliputi teknik,organisasi dan juga pengertian sistem, tetapi dengan berjalannya kemajuan pada zaman perkembangan pengertian pada teknologi menjadi semakin lebar lagi sehingga saat ini teknologi itu merupakan konsep terkait pada pengetahuan dan tentang alat panggunaan dan juga keahlian, cara teknologi bisa memberikan atau berpengaruh kepada kemampuan pada manusia yang bertujuan mengubah atau memegang kendali sesuatu yang ada di sekitarnya. Teknologi itu sebuah ilmu penyelidikan pada cara kerja pada sebuah teknik juga menyelidiki pengetahuan pada industri-industri dan pada pabrik. Maka teknologi dapat juga sebutan suatu percabangan ilmu dalam pengetahuan pada mesin, bangunan, dsb.

Teknologi juga merupakan tahap tahap meningkatkan atau penambahan nilai seperti menggunakan dan menghasilkan sebuah produk. Kesimpulan yang bisa diambil dari teknologi adalah teknologi itu pengetahuan cara-cara penggabungan pada sumber daya untuk memproduksi produk sesuai dengan keinginan juga kebutuhan dan memecahkan masalah, termasuk metode alat, bahan baku, keterampilan dll. Teknologi bisa disebut juga sebagai suatu perkembangan pada alat atau media yang akan bisa dipakai dengan lebih efisien dan efektif dan yang pasti ini akan sangat berguna untuk sebuah pemrosesan dan juag mengendalikan suatu masalah.

Pengertian pembangunan ekonomi merupakan perpercepatan alur pergantian pada sosial budaya dengan sebuah rencana yang sudah disusun secara khusus. Koentjaraningrat,1982. Menurut Adam Smith pengertiannya yaitu berpaduan diantara pertumbuhan pada penduduk dan kemajuan pada teknologi Suryana, 2000:55. Tarmidi, 1992:11 mengartikannya dengan proses multidimensional pada perubahan yang besar didalam struktur sosial, kelembagaan nasional, dan juga pada kecepatan perkembangan ekonomi. Menurut irawan ekonomi itu sebuah usaha peningkatkan pada bangsa yang keseringan dilihat dengan pendapatan. Prof. Meier. Adisasmita, 2005:205 pembangunan ekonomi bisa didefinisikan sebagai suatu proses kenaikan pada pendapatan rill perkapita didalam jangka waktu yang panjang. Sadono Sukirno 1985:13. menurut sadono sukirno didefinisikannya perkembangan ekonomi sebagai alur penyebab pendapatan pada masyarakat atau penduduk mengalami peningkatan dalam jangka yang lama. Definisi ini mengandung sebuah pengertian yang mana pembangunan pada ekonomi termasuk perubahan yang bertambah baik karna dengan adanya suatu peningkatan pada pendapatan perkapita yang terus berlangsung lama.

Kemajuan pada teknologi ini merupakan faktor salah satunya didalam peran pada perkembangan ekonomi. Teknologi ini dapat menjadi faktor menentukan perekonomian. Nilai bisnis yang meningkat tajam teknologi telah menjadi sumber daya bagi ekonomi. Dapat dilihat dari dampak penggunaan teknologi sehingga diterapakan cara yang lebih efektif dan efisien dalam distribusi, produksi dan konsumsi jasa atau bareng. Dengan matematis diantara hubungan pertumbuhan ekonomi dan pada kemajuan sebuah teknologi telah dikemukakan oleh para ekonom seperti Solow, Abramovitz dan Kendrick. Pada model yang sudah diperkembangkan dapat menentukan besar sumbangan kepada kemajuan teknologi kepada perkembangan sebuah ekonomi.

Artikel ini Ditulis oleh:  Reynaldi Eka Saputra, Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *