Implementasi Sistem Pakar

Oleh Bagas Magribiansyah Putra – Pada saat ini perkembangan teknologi tumbuh pesat dan membuat sesuatu lebih praktis serta cukup mudah untuk di kerjakan . di era globalisasi ini telah banyak di produksi berbagai alat elektronika berbasis system yang di gunakan di kehidupan sehari – hari , agar hal tersebut bisa tercapai dengan cara mengembangkan kecerdasan buatan atau bisa di sebut dengan Artificial Intellegence (AI) , dengan AI di harapkan bisa di gunakan dalam member kemampuan baru pada computer supaya bisa berfikir , menalar dan bisa mengambil keputusan berdasarkan pengalaman dan membuat pertimbangan – pertimbangan yang berdasarkan kepada fakta dan hubungan – hubungan nya yang terkandung dalam basis pengertahuan , salah satu cabang dari kecerdasan buatan (AI) yang ada di saat sekarang ini yang banyak di bahas keguanaan nya dalam dunua industry , pendidikan dan bisnis.

Apa itu Artificial Intellegence atau kecerdasan buatan ? AI tidak hanya mencakup tentang asisten virtual atau robotic saja , AI sangat lah luas cakupan nya dengan menekan  kan kepada sebuah mesin yang beroprasi layak nya manusia serta memberikan respon pada keadaan tertentu , system tersebut dapat terus menerus di latih melalui training sampai system mampu dengan sendiri nya menentukan sebuah keputusan .

Sistem pakar di sosialisasikan pertama kali pada tahun 1960 oleh Artifical Intellegence Corporation . adanya penelitian yang di dominasi keyakinan akan beberapa aturan dari serangkaian pemahaman yang terfikir dengan memanfaatkan kemampuan computer dapat menghasikan performasi teknologi pakar yang sama hal nya dengan seorang pakar manusia.

Kita dapat memahami dan menyimpulkan secara garis besar tentang system pakar merupakan suatu program computer yang biasa di gunakan unuk melakukan penalaran terhadap suatu permasalahan tertentu layak nya seorang manusia yang ahli pakar dalam menentukan sebuah keputusan pada setiap permasalahan yang akan di selesaikan nya .

System pakar mempunyai konsep tujuan utama dalam meng implementasikan nya yaitu membuat sebuah program computer yang bisa digunakan untuk memberikan solusi atau jalan keluar terhadap suatu persoalan layak nya seorang manusia yang ahli dalam bidang pakar , perumpamaan kurang lebih seperti ini system pakar di harapkan mampu dan bisa menggantikan peran seorang pakar dari kalangan manusia dalam peran nya mengatasi sebuah permasalahan atau persoalan , kita tau bahwa manusia mempunyai kekurangan dalam batasan waktu dalam mengerjakan suatu permasalahan dan mengatasi nya .

Sistem pakar menjadi salah satu solusi terbaik di karenakan bisa di lihat dari kegunaan nya memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu masalah dengan praktis yang dapat mempermudah kita untuk menyelesaikan nya secara akurat dan tepat sebagaimana seorang pakar yang handal dari kalangan manusia .

Sistem pakar dapat di simpulkan secara garis besar system pakar yaitu suatu system atau program yang mempunyai daya piker terhadap masalah tertentu layak nya seorang pakar dalam memutuskan sebuah keputusan pada setiap permasalahan yang akan di selesaikan nya .

Kelebihan system pakar

-Mampu melestarikan keahlian para pakar ter-utama yang termasuk keahlian yang langka

-Menjelaskan permasalahan secara detail dam dapat merespon lebih cepat

-Mengurangi biaya pengeluaran

Kekurangan system pakar

– Untuk membuat sesuatu sistem pakar yang benar berkualitas tinggi sangatlah sulit

– memerlukan biaya yang besar 

Di tulis oleh : Bagas Magribiansyah Putra, Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *