ANJURAN WHO UNTUK MENGGUNAKAN MASKER KAIN.

JAKARTA, BBSNEWS.CO.ID – korban jiwa dan korban positif dari virus covid-19 semakin hari semakin meningkat.

 Update data tanggal 5 April 2020 jam 15:40 korban positif tercatat 2.273 jiwa, terdiri dari 1.911 orang dirawat, 164 orang dinyatakan sembuh dan 198 orang meninggal dunia.

Atas kondisi itu, per Minggu (5/4/2020), pemerintah mewajibkan seluruh masyarakat yang berada di luar rumah untuk memakai masker.

Hal ini berlaku pula bagi masyarakat yang sehat. Anjuran pemerintah tersebut berbeda dengan kondisi sebelumnya saat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada awal Maret 2020 tak merekomendasikan orang sehat pakai masker. Saat itu, Terawan menyebutkan bahwa sebagaimana standar World Health Organization (WHO), masker hanya diperuntukkan bagi yang sakit. Sedangkan yang sehat tidak perlu mengenakan masker. Kini, situasi dan kondisi sudah berubah. 

Satu bulan berlalu, pemerintah membuat pernyataan yang berbeda, yaitu masker harus digunakan oleh setiap orang yang sedang berada di luar rumah.

Hal itu bersesuaian dengan rekomendasi WHO yang juga menyatakan penggunaan masker tidak hanya untuk orang sakit, tetapi juga yang sehat. Namun demikian, pemerintah menekankan, masyarakat umum yang sehat dapat memakai masker berbahan kain.

Berikut rekomendasi dari WHO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *