ISTA 2019, Pokdarwis Ki Amuk Sabet Juara 3

BBSNews, Serang-  Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ki Amuk Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang berhasil meraih peringkat 3 tingkat nasional. Penghargaan itu diterimanya dalam kategori Pokdarwis Mandiri, sebelumnya mereka telah mendapat peringkat 1 se-Banten di kategori yang sama.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya, Kamis (26/9/2019) malam, di salah satu hotel di Jakarta. Dalam gelaran penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019, Green Hotel, dan Apresiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tingkat nasional.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Serang Akhmad Zubaidillah mengatakan, penghargaan yang didapatkan tersebut merupakan hasil kerja keras para anggota Pokdarwis Ki Amuk. Mereka telah membuktikan keberhasilannya dalam membangun pariwisata di Kota Serang.

“Jelas ini sungguh membahagiakan dan luar biasa bagi kami. Karena Pokdarwis Ki Amuk ini bisa dibilang masih baru, karena dibentuk pada 2016. Tiga tahun kemudian berhasil meraih peringkat ke-3 nasional. Ini juga bukti kalau Kota Serang memiliki SDM yang cukup berkualitas,” ujarnya, Jumat (27/9/2019).

Meski, kata dia, untuk mengembangkan pariwisata di daerah tersebut, masih perlu kerja keras dan merangkul semua pihak. Oleh karena itu, saat ini pihaknya sedang memfokuskan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Sehingga, Pokdarwis lainnya di Kota Serang dapat mengikuti jejak Pokdarwis Ki Amuk.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Destinasi dan Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) Disparpora Kota Serang Toto Suharto menjelaskan, untuk mencapai suatu keberhasilan membutuhkan kerja keras. Bahkan, untuk memajukan pariwisata di Kota Serang, masyarakat bahu membahu mengembangkan Pokdarwisnya masing-masing.

“Konsep community based tourism yang kami terapkan memang tepat untuk memberdayakan masyarakat di sektor pariwisata. Akan tetapi, kualitas SDM juga sangat penting untuk hal ini. Mereka membuktikan dapat berkembang secara mandiri dalam membangun tempat wisata didaerahnya,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, ada sepuluh Pokdarwis binaan Kota Serang yang telah berhasil mengembangkan wisata di daerahnya. Meski belum sepenuhnya berhasil, akan tetapi ini menjadi potensi yang cukup baik dalam pertumbuhan pariwisata di Kota Serang.

Diantaranya, Pokdarwis Mengger Mesam Karodangan, Kelurahan Sepang Kecamatan Taktakan, Pokdarwis Situ Ciwaka di Kelurahan Pengampelan Kecamatan Walantaka, Pokdarwis Ki Amuk di Kelurahan Banten Kecamatan Kasemen, Pokdarwis Maulana Yusuf di Kelurahan Kasunyatan Kecamatan Kasemen. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *