Kampung KB Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

BBSNews, Serang- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon terus berupaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui program Kampung KB (Keluarga Berencana).

Salah satunya dengan cara memberikan pelatihan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Kemarin, pelatihan diberikan kepada sejumlah kader Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan.

“Program roadshow Kampung KB tidak melulu terkait dengan akseptor, akan tetapi bagaimana caranya seorang kader PKK dapat melakukan usaha sampingan sebagai ibu rumah tangga,” kata Kepala DP3AKB Heni Anita Susila, Kamis (19/9/2019).

Ia menuturkan, dalam pelatihan tersebut, pihaknya memberi pembekalan terhadap kader PKK untuk meningkatkan pemberdayaan melalui UMKM. Tujuan dari kegiatan tersebut, ujar dia, untuk meningkatkan sumber daya manusia terutama dalam program UMKM. Karena, seorang kader PKK harus terampil, cekatan, dan dapat memberikan pendapatan sampingan sebagai ibu rumah tangga.

”Ini zaman milenial, seorang kader PKK harus serba bisa, bukan saja mengajak warga atau masyarakat lainnya, akan tetapi diri sendirinya terlebih dahulu harus mandiri, sehingga bisa meneladani warga lainnya,” ucapnya.

Menurut dia, di era masa kini, seorang kader PKK dituntut bukan saja lebih dalam memahami program KB. Bahkan, untuk peningkatan UMKM yang muaranya peningkatan ekonomi, kader harus mampu dan tampil di depan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana pada DP3AKB Kota Cilegon, Bakhri menuturkan, program KB adalah bagian yang terpadu dalam program pembangunan nasional. Tujuannya, untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi, spiritual, dan sosial budaya penduduk Indonesia, agar dapat dicapai keseimbangan yang baik dengan kemampuan produksi nasional.

“Dengan tujuan ekonomi, cakupanya sangat luas, mulai dari UMKM, usaha sendiri atau kelompok yang ujungnya bermuara pada peningkatan ekonomi. Selama ini, semua program disambut baik oleh semua masyarakat Cilegon,” ujarnya. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *