DPRD Kota Cilegon Umumkan Calon Pimpinan Definitif

BBSNews, Cilegon- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon mengumumkan calon pimpinan definitif dalam Rapat Paripurna Pengumuman, Rabu (18/9/2019).

Menurut keterangan, rapat internal Dewan ini dalam rangka memenuhi syarat untuk melayangkan usulan pelaksanaan Paripurna Pengambilan Sumpah Janji Unsur Pimpinan DPRD Kota Cilegon Definitif, ke Pemprov Banten.

Diketahui sebelumnya, Sekretariat DPRD Kota Cilegon sedang melakukan pemberkasan guna pengusulan penetapan unsur pimpinan DPRD Kota Cilegon definitif. Dimana usulan itu akan disampaikan kepada Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) melalui surat usulan Wali Kota Cilegon Edi Ariadi.

Namun ketika hendak menyerahkan berkas usulan untuk unsur pimpinan, Setwan Kota Cilegon menerima Surat Edaran dari Kementerian Dalam Negeri nomor 170/5028/OTDA tentang Pengusulan Pimpinan DPRD Kabupaten dan Kota Definitif.

Dimana pada surat edaran tersebut tertuang jika DPRD harus terlebih dahulu melaksanakan paripurna pengumuman calon pimpinan Dewan definitif, sebelum mengusulkan ke pemerintahan provinsi.

Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Cilegon Sokhidin mengatakan, aturan tersebut terbilang mendadak. Namun karena hal tersebut berasal dari pemerintah pusat, maka pihaknya harus mematuhi.

“Ini memang perlu kami lakukan, meskipun sifatnya baru dan cukup mendadak. Mengingat petunjuk dari pusat bahwa DPRD harus terlebih dahulu melakukan paripurna pengumuman, maka itu kami laksanakan,” kata politisi Partai Gerindra ini, saat ditemui usai mengikuti paripurna.

Menurut Sokhidin, seusai paripurna Sekretariat DPRD (Setwan) Kota Cilegon langsung memproses dokumen usulan untuk Gubernur Banten melalui Wali Kota Cilegon. Dia berharap persoalan administrasi dapat terselesaikan secepatanya.

“Kami sedang terburu-buru untuk menyelesaikan agenda-agenda legislatif, khususnya pembahasan tatib. Kan untuk membahas tatib harus diawali dengan pembentukan Pansus Tatib. Nah, untuk membentuk pansus itu kewenangan pimpinan definitif, bukan pimpinan sementara. Karena itulah kami berharap agar semuanya selesai dengan cepat,” ucapnya.

Ketua Sementara DPRD Kota Cilegon Endang Effendi akan melakukan komunikasi politik dengan Gubernur WH. Ini terkait percepatan penandatanganan SK Unsur Pimpinan DPRD Kota Cilegon Definitif.

“Kami akan berupaya untuk berkomunikasi langsung dengan Pak WH, terkait percepatan pengesahan pimpinan definitif. Mudah-mudahan pekan depan bisa diparipurnakan,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Cilegon Tb. Didi Sukriadi mengatakan, surat edaran yang ditandatangani Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Akmal Malik itu, baru diterimanya Senin (16/9/2019) malam.

“Surat edaran itu memang baru kami terima. Kami langsung sampaikan ke unsur pimpinan sementara keesokan harinya, kemudian ditindaklanjuti dengan paripurna hari ini,” ucapnya.

Dia mengatakan, pada surat usulan tersebut, tercantum tiga nama. Yakni Endang Effendi dari Partai Golkar selaku Ketua, Sokhidin dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua I, serta Nurrotul Uyun dari PKS sebagai Wakil Ketua II. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *