Kejurnas Taekwondo UPI Challenge, Banten Rebut 6 Medali

BbsNews, Banten – Kontingen taekwondo Banten berhasil membuktikan kualitasnya pada ajang Kejurnas Taekwondo, bertajuk UPI Challenge, yang diselenggarakan pada 28-30 Juni di Gymnasium UPI Bandung. Alasannya, pada ajang tersebut Banten berhasil merebut enam keping medali.

Diketahui, raihan medali tersebut terdiri dari 2 medali emas, 3 medali perak, dan 1 perunggu. Medali emas disumbangkan oleh M. Yulfizar yang turun di kelas over 78 kg dan Garda Merah yang turun di kelas under 44 kg putri. Kemudian medali perak disumbangkan oleh Setyo Prayogi (under 78 kg), beregu poomsae putri atas nama Ina Rahma, Regita, dan Dea.

Kemudian perak lainnya disumbangkan oleh Fisca Aferelia (under 46 kg putri). Sementara medali perunggu disumbangkan oleh Alia Zafira yang turun di kelas under 63 kg putri.

Sekretaris Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Banten Fiva Zabreno mengaku puas dengan hasil tersebut, meskipun Banten sebenarnya memiliki peluang untuk bisa meraih prestasi lebih. Terlebih Banten berhasil menggondol 2 keping medali emas pada ajang tersebut, karena itu membuktikan hasil pembinaan taekwondoin Banten yang mengalami peningkatan.

“Saya puas dengan hasil ini, apalagi ini merupakan ajang Kejurnas yang diikuti oleh sejumlah daerah,” ujarnya kepada Kabar Banten, Ahad (30/6/2019).

Oleh karena itu, ia berharap agar raihan pada ajang kejurnas tersebut menjadi pemacu semangat taekwondoin terbaik Banten, untuk meraih hasil yang lebih baik pada babak prakualifikasi PON nanti. 

“Kejurnas ini pun menjadi salah satu pertimbangan kami untuk promosi dan degradasi atlet PJP (Pelatda Jangka Panjang). Alasannya, sejumlah atlet PJP kami tidak meraih medali di kejurnas ini,” katanya.

Meski begitu, kata Fiva, pihaknya masih memberi kesempatan untuk menunjukkan kualitas atlet PJP pada ajang Taekwondo Posco yang rencananya akan digelar Juli mendatang. Jika pada ajang tersebut atlet PJP kembali tak bisa berbuat banyak, maka pihaknya akan memberlakukan promosi dan degradasi.

Sementara itu, Ketua Pengprov TI Banten E. Kosasih mengaku puas dengan raihan enam medali yang disumbangkan taekwondoin Banten diajang kejurnas tersebut. Ia berharap raihan ini menjadi penyemangat bagi taekwondoin Banten untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di Pra-PON nanti. 

“Tentunya kami berharap atlet tidak berpuas diri hanya dari hasil kejurnas ini, karena Pra-PON sudah di depan mata. Lalu muara prestasinya yakni harus ada di PON XX Papua nanti,” tuturnya. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *