Ultah ke 50, Band Rock Led Zeppelin rilis video dokumenter sejarah Bandnya

Film dokumenter singkat episode 1 dan 2 dari Led Zeppelin sudah dirilis, terakhir video dokumenter tersebut dirilis pada tanggal 10 Mei 2019.

Film dokumenter tersebut dianggap sebagai “serangkaian cerita pendek merayakan apa yang terjadi 50 tahun yang lalu”, episode pertama proyek ini berbagi rincian rekaman di album debut band 1969.

Led Zeppelin merupakan band rock kenamaan yang sangat populer di era 70an. Nama band rock tersebut kian memuncak setelah album kedua mereka menggeser “Abbey Road” milik The Beatles dari puncak tangga lagu barat. Pembuatan film dokumenter episode 1 dan 2 adalah sebagai bentuk perayaan ulang tahun band rock tersebut yang ke-50.

Kabarnya Led Zeppelin juga akan merilis film dokumenternya dalam versi movie lengkap.

Bernard MacMahon, sutradara serial musik “American Epic”, akan memimpin film dokumenter yang mengeksplorasi band rock yang melegenda tersebut.

Dalam pasca produksi film, bassis Led Zeppelin, John Paul Jones mengatakan: “Waktunya sudah tepat bagi kami untuk menceritakan kisah kami sendiri untuk pertama kalinya dengan kata-kata kami sendiri, dan saya pikir film ini benar-benar akan menghidupkan kisah itu.”

Saat ini dalam pasca-produksi, film yang belum diberi judul ini disutradarai oleh pembuat film Inggris Bernard MacMahon. Dia melakukan debut pada tahun 2017 lewat American Epic, sebuah dokumenter empat bagian mengeksplorasi musik akar di seluruh AS, termasuk folk, blues dan penulisan lagu asli Amerika.

Serangkaian kisah dalam film dokumenter tersebut mungkin serupa kisahnya seperti filmdokumenter singkat yang dipublish oleh Led Zeppelin sendiri.

Berikut ini video singkat film dokumenter dari Led Zeppelin

Pada September ’68, Led Zeppelin memulai recording LP pertamanya di Olympic Studios, London.

Beberapa lagu rock kenamaan tersebut direkam disini diantaranya :

“Babe I’m Gonna Leave You”

Saat itu rekaman album tersebut termasuk Cover Artwork-nya didanai oleh Band mereka sendiri. Selesai dalam waktu 30 jam dan merogoh koceh sebesar 1,782 euro atau setara lebih dari 28 juta rupiah di masa tersebut.

Jimmy page mengatakan,”Grup band hanya bersama selama 2 setengah minggu sebelum mulai rekaman”.

Robert Plan mengatakan, “kami tidak sedang berada pada posisi yang dapat memblok seluruh waktu rekaman di studio “

John Paul Jones, “Kami berhasil menjalani rekaman selama 15 jam dan menghabiskan waktu 15jam untuk mixing, jadi totalnya 30jam”

Jimmy Page, “kami sengaja merekam apa yang bisa kami lakukan ketika live diatas panggung”

Pada bulan Januari 1969, LED ZEPPELIN dilepaskan di dunia dengan merilis LP pertamanya. Hanya 10 bulan kemudian, pada Oktober 1969, album lanjutan band yang sama-sama “Led Zeppelin II” dirilis.

50 tahun kemudian, LED ZEPPELIN tetap menjadi salah satu band rock paling berpengaruh dalam sejarah musik yang lagu-lagunya terus dicari dan menjadi inspirasi setiap generasi baru.

Gitaris Jimmy Page dari THE YARDBIRDS dan bassis John Paul Jones adalah pemain muda yang belajar di London. Penyanyi Robert Plant dan drummer John Bonham adalah musisi Inggris Midlands yang berbakat tetapi belum teruji yang memiliki musik yang mentah dan nuansa bersahaja merupakan kontras yang sangat efektif.

Bersama-sama, keempat mendefinisikan kembali batas-batas musik rock sambil memperbesar kekuatan visceral, pengabaian yang sembrono dan, ya, beberapa kesalahannya.

“Led Zeppelin I” menerima sejumlah ulasan negatif yang mengejutkan dari para kritikus musik, memicu perdebatan tentang apakah musisi kulit putih dapat memainkan blues Afro-Amerika tanpa secara negatif mengeksploitasi penggagasnya, sebuah debat yang akan membawa LED ZEPPELIN untuk empat album ikonik pertama mereka. .

Pada 17 Januari 1969, LED ZEPPELIN bergemuruh ke panggung dunia dengan album debut dan lagu :

“Communication Breakdown”,

Lagu tersebut menampilkan musikal yang hebat keragaman, dinamika, dan suara yang sebelumnya tidak pernah terdengar di kancah musik rock dunia, menggetarkan massa (jika bukan kritikus rock) dan menjual lebih dari 10 juta kopi di AS saja.

Page mengatakan kepada pembawa acara “In The Studio”, Redbeard mengapa dia percaya bahwa LED ZEPPELIN begitu sukses sejak awal. “Saya pikir semua orang terinspirasi dalam band itu. Saya pikir semua orang adalah bintang. Tidak ada kelemahan di sana. Setiap orang kuat”, ungkap Jimmy Page.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *